Sesuatu yang tidak menyenangkan terjadi (Alergi-1)

Teman-teman di sini ada yang mempunyai alergi?
Jika, ia. Alergi apa yang tema-teman miliki dan bagaimana teman-teman menanganinya?
Bales di kolom comment di bawah ya...

Saya ingin berbagi sedikit tentang salah satu kehidupan pribadi saya, yaitu mengenai alergi.
Ya betul saya mengidap alergi di komposisi makanan. Seperti: telur, udang, ikan asin, gluten dan susu. Selain itu saya juga memiliki alergi pada debu dan cuaca.

Huftt.. rasanya sedih sekali tidak seperti orang normal pada umumnya yang bisa mengkonsumsi makanan dan minuman apapun. Juga terbiasa dengan lingkungan sekitarnya.
Alergi ini saya mulai dapatkan pada saat saya SMP sekitar tahun 2007 lalu. Tapi alergi yang saya dapatkan semuanya tidak langsung beruntun datang tetapi bertahap. Untuk alergi pada gluten dan susu saya baru mengetahuinya dari dokter pada saat saya magang untuk tugas kuliah pada tahun 2013.

Sejak saat itu, saya pun berkonsultasi ke dokter alergi dan mendapatkan tes alergi. Tesnya mudah dan tidak menyakitkan. Kulit kita hanya diberi sedikit goresan dan di teteskan cairan yang biasanya menjadi bagian dari alergi pada manusia. Setelah selesai maka kita harus menunggu kurang lebih 45-60 menit untuk mengetahui reaksinya. Reaksi yang muncul pada kulit tangan saya adalah kulit mengalam bentol seperti digigit nyamuk, dan gatal sekali. Kejadian tersebut menandakan bahwa kamu memiliki alergi dengan cairan tersebut. Tes alergi setelah selesai dilakukan maka akan diberikan hasilnya, dimana pada laporan tertulis garis 1, garis 2 atau garis 3. Tiap garis menjelaskan kondisi yang berbeda. Garis 1 menjelaskan kamu masih aman memakan, meminum atapun bersentuhan dengan bulu-bulu hewan seperti anjing, kucing dan sebagainya; garis 2 menjelaskan bahwa kamu harus berhati-hati dan garis 3 menjelaskan bahwa kamu tidak boleh menynetuh atau memakannya. 

nb: Itu yang saya ingat ya teman-teman. Kalau salah mohon maaf.

Ternyata alergi itu tidak hanya disebabkan oleh makanan dan minuman saja tetapi banyak hal. Salah tiganya seperti: bulu hewan, debu, sari bunga. 

Memiliki kondisi seperti ini awalnya membuat saya sedih. Karena banyak makanan dan minuman yang tidak bisa saya konsumsi khususnya susu. Karena saya membutuh banyak kalsium untuk tubuh saya. Namun, saya pun tidak berputus asa, karena Ibu saya selalu menguatkan saya. Beliau selalu bilang pada saya, bahwa walaupun kamu alergi kamu tetap harus menjaga imunitas badan kamu. dan kamu masih bisa makan dan minum yang kamu suka namun tidak bisa dalam jumlah banyak seperti biasanya. Yang paling penting adalah imunitas. Kalau imunitas tubuh kamu baik, maka kalau kamu makan atau minum yang sebenarnya membuat kamu alergi dalam jumlah sedikit, tidak akan membuat alergi. Tetapi kalau imunitas tubuhmu kurang baik maka makan atau minum dalam jumlah sedikit pun bisa membuat kamu alergi...

Bersambung.... 

Komentar

Postingan Populer